Rabu, 8 Desember 2021

Pemerintah Kabupaten Boyolali melaksanakan pemberian bantuan hukum bagi masyarakat di Kabupaten Boyolali berupa penyelenggaraan sidang itsbat nikah terpadu, Pada bulan Desember tahun 2021 ini adalah pelaksanaan keempat kalinya setelah dilaksanakan yang pertama dan kedua pada tahun 2019, dan pada tahun 2021 pada bulan September dilaksanakan untuk Tahap I, selanjutnya pada bulan Desember ini  merupakan pelaksanaan Tahap II.

Penyelenggaraan kegiatan Sidang Itsbat Nikah Terpadu dilaksanakan bekerjasama dengan Pengadilan Agama Kabupaten Boyolali, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali, beserta unsur Perangkat Daerah terkait di Pemerintah Kabupaten Boyolali.

Sidang Itsbat Nikah Terpadu dilaksanakan bertempat di Ruang Rapat Cempaka, Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Boyolali, dengan peserta pasangan nikah yang berasal dari:

  1. Kecamatan Mojosongo 1 pasangan
  2. Kecamatan Boyolali 1 pasangan
  3. Kecamatan Ngemplak 1 pasangan
  4. Kecamatan Cepogo 1 pasangan
  5. Kecamatan Selo 2 pasangan
  6. Kecamatan Wonosamodro 2 pasangan
  7. KecamatanGladagsari 3 pasangan
  8. Kecamatan Nogosari 6 pasangan
  9. Kecamatan Juwangi 7 pasangan


Sehingga jumlah pasangan yang ikut pada Sidang Itsbat Nikah Terpadu Tahun 2021 Tahap II adalah 24 (dua puluh empat) pasangan, dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Labupaten Boyolali Bapak Drs. Masruri.

Selain pelaksanaan Sidang Itsbat Nikah, juga dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Boyolali, Kantor Kementerian Agama Boyolali, dan Pengadilan Agama Boyolali, terkait Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah, Pencatatan Nikah dan Pencatatan Administrasi Kependudukan, Nota Kesepakatan ini bertujuan menunjang kelancaran kerjasama Pemerintah Kabupaten Boyolali, Pengadilan Agama Boyolali dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali dalam Program Bantuan Hukum Sidang Itsbat Nikah Terpadu Bagi Masyarakat Kabupaten Boyolali.

Dengan penyelenggaraan Sidang Itsbat Nikah Terpadu tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat di Kabupaten Boyolali agar memperoleh kepastian hukum dan perkawinannya diakui/disahkan oleh Negara.

jdih.boyolali.go.id

Peraturan Boyolali

jdihn


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *